Senin, 05 November 2012

Tips Pencerah Kulit

Anda pasti ingin memiliki kulit yang cerah dan putih. Memang, kulit putih dan cerah adalah dambaan setiap wanita Asia, khususnya Indonesia yang merupakan negara tropis. Panasnya terik matahari seringkali membuat kulit kita menjadi berwarna gelap.
Akhirnya kita lebih sering mengandalkan produk-produk pemutih kulit yang instan, mulai dari yang murah sampai yang harganya jutaan. Namun, sebenarnya kita dapat memanfaatkan bahan alami yang tentunya lebih aman bagi kulit. Bahan alami seperti lemon, almon, tomat, kentang, dan pepaya, adalah bahan utama yang biasa terkandung dalam kosmetik pemutih kulit. Berikut sedikit ulasan mengenai kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan alami tersebut dan cara penggunaannya.
Lemon
Lemon sering digunakan sebagai pemutih kulit alami. Kandungan asam sitrat natural dalam lemon dapat mengeluarkan kotoran dari pori dan mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Untuk menggunakan lemon sebagai pencerah kulit, ambil 1 sendok teh jus (air perasan) lemon segar dan campurkan dengan 1 sendok teh air mawar. Usapkan campuran ini pada wajah dan leher dengan menggunakan kapas bersih, lalu diamkan selama 15 menit, dan bilas. Lemon merupakan astringen alami yang sangat efektif untuk memutihkan kulit, tetapi dapat menyebabkan kulit kering. Karena itu, cara alami dengan lemon ini sangat baik untuk jenis kulit berminyak. Bagi yang berkulit normal atau kering juga bisa aja kok memakai cara ini...tapi jangan lupa memakai krim pelembab setelah itu ya...
Almond
Almonddapat membantu mengurangi kegelapan warna kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih terang. Cara praktis dan alami untuk menggunakan almon untuk memutihkan kulit adalah dengan mencampurkan almon dengan susu dan sedikit kunyit. Caranya, pada pagi hari, rendam 4-5 biji almond dan satu ruas kunyit dalam susu cair. Pada malam harinya, keluarkan kunyit, lalu haluskan almon dalam susu tersebut hingga terbentuk pasta. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher dan biarkan semalaman. Setelah itu, pada pagi harinya bilas dengan air dingin dan bersihkan. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini 2 minggu sekali.
Tomat
Tomatkaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk memutihkan kulit. Banyak kosmetik pencerah kulit yang memakai ekstrak tomat sebagai bahan aktifnya. Nah, jika Anda ingin memakai tomat segar sebagai pemutih kulit, ambil tomat berukuran besar lalu parut. Tambahkan 2-3 tetes air perasan lemon dan beberapa tetes air mawar, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan leher dengan kuas, diamkan selama 15 menit,lalu bilas. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali.
Pepaya
Pepayayang berwarna hijau atau oranye dapat berkhasiat mencerahkan kulit. Pepaya hijau mengandung enzim papain yang ideal untuk memutihkan kulit. Caranya, ambil satu sendok makan pepaya hijau (pepaya yang masih mangkal) yang telah dihaluskan, dan satu sendok makan pepaya masak, campurkan. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang optimal.
Kentang
Kentang ternyata dapat bermanfaat untuk memutihkan kulit, lho. Jus kentang dapat digunakan sebagai pemutih alami bagi kulit kita. Caranya, parut satu buah kentang dan tambahkan satu sendok teh madu, campur lalu oleskan pada kulit wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Ramuan ini cocok untuk semua jenis kulit. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar